Waket II DPRD Mimika : Tim Gugus Tugas Covid-19 Perlu Diaktifkan Kembali

Waket II Yohanes Felix Helyanan

TIMIKA – Antisipasi adanya covid-19 varian baru masuk Timika, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika perlu mengaktifkan kembali tim gugus tugas untuk bekerja dan menekan laju penyebaran covid.

“Antisipasi covid varian baru ini tim covid itu bisa diaktifkan kembali,” kata Waket II Yohanes Felix Helyanan, Kamis (1/7) kemarin.

Waket II yang akrab disapa Jhon Thie menjelaskan, setelah diaktifkan kembali, pemerintah harus mendukung dengan anggaran sehingga tim tersebut bisa bekerja maksimal seperti tahun 2020 lalu, hal ini demi mencegah masuknya virus varian baru.

Begitu juga dengan perekonomian tetap berjalan seperti biasa dengan tetap mematuhi Prokes yang ditetapkan oleh pemerintah. Terlebih khusus pada pusat keramaian dan pusat perbelanjaan.

“Kita dan pemerintah harus mensupport mereka dengan biaya demi keselamatan kita semua.  Kita bikin aturan tapi ada pertimbangan bagi sektor perekonomian, dan perketat kembali di pusat keramaian seperti pasar dan lainnya, dan diharuskan menggunakan masker dan mencuci tangan, kalau bisa difungsikan kembali,” jelasnya.

Beberapa hal yang pernah dilakukan setelah kasus pertama covid di temukan di Mimika perlu diaktifkan kembali, mulai dari penyiapan tandon di sejumlah tempat, penyiapan masker, dan pemberlakuan Swab bagi siapa saja yang akan masuk atau keluar Kabupaten Mimika wajib melampirkan bukti hasil tes beserta hasil alat yang digunakan.

Sebab, kata dia, saat ini surat antigen yang dikeluarkan bisa dengan mudah didapat dengan cara membeli bisa juga karena minta bantuan kerabat, rekan dan keluarga.

Perlu ketegasan dari tim pemerintah untuk mewajibkan siapa saja yang hendak keluar atau masuk wajib menyertakan bukti laboratorium.

“Ini juga pemerintah harus bantu tim gugus untuk aktifkan kembali tempat cuci tangan trus diperketat arus masuk dari daerah lain, kalau masuk harus dilakukan Swab antigen, jangan hanya bawa datang surat tapi harus disertai dengan alat tes dari lab,” ungkapnya. (humas)

Anggota DPRD