Website Resmi DPRD Mimika

Tiga Anggota DPRD Dapil II Bertemu Ketua RT dan Lurah

Anggota DPRD Dapil II, Robbi K Omaleng, Herman Gafur dan Yustina Timang, foto bersama ketua-ketua RT dan Kadistrik Mimika Baru

Timika, Tiga anggota DPRD Mimika masing-masing Robbi Kamaniel Omaleng S.IP MA, Yustina Timang dan Herman Gafur SE melakukan tatap muka bersama sejumlah kepala kelurahan dan Ketua-ketua RT yang berada di Daerah Pemilihan II, Jumat (24/7) di Kantor Distrik Mimika Baru.

Kegiatan tatap muka tersebut dilakukan dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dalam Masa Reses I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mimika Tahun 2020.

Robbi Omaleng yang sehari-hari menjabat Ketua DPRD Mimika mengatakan, pada masa reses ini semua anggota DPRD turun ke daerah pemilihan masing-masing untuk bertemu konstituennya.

Pada kesempatan itu sejumlah ketua RT menyampaikan aspirasi seputar pembangunan infrastuktur seperti jalan lingkungan yang mengalami kerusakan, drainase yang perlu diperbaiki, pengerukan sungai hingga lampu nerangan jalan dan pembangunan kantor kelurahan yang baru bagi kelurahan yang belum memiliki kantor permanen.

Para ketua RT juga menyampaikan keluhan seputar data penduduk yang tidak valid sehingga menyebabkan banyak warga yang tidak menerima BLT atau menerima di kelurahan lainnya yang bukan tempat tinggalnya.

Selain masalah BLT, masalah bantuan sembako yang dibagikan pada masa pemerintah daerah saat masa tanggap darurat Covid 19 juga menjadi sorotan para ketua RT, disamping masalah honor para Ketua RT yang belum dibayar hingga enam bulan.

Sementara sejumlah lurah menyampaikan seputar program-program yang sering dimasukan dalam Musrembang distrik, namun dalam pembahasan di Tim Anggaran pemerintah, program-program tersebut tidak diakomodir, padahal yang disampaikan merupakan usulan riil yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi di lapangan.

Untuk itu para lurah berharap bantuan pengawasan dari para anggota DPRD terhadap usulan yang disampaikan melaui Musrembang, terutama pada saat pembahasan anggaran.

Suasana Reses Anggota DPRD Dapil II di Kantor Distrik Mimika Baru, Jumat 24/7.

Menjawab aspirasi ketua RT dan lurah, Ketua DPRD Mimika Robbi Omaleng mengatakan, tugas dewan adalah menyerap aspirasi masyarakat, termasuk melalui para ketua RT untuk disampaikan kepada pemerintah sebagai pelaksana pembangunan di daerah.

Terkait pembangunan infrastruktur, Ketua DPRD Mimika juga berharap, para ketua RT dan lurah harus memastikan bahwa tanah yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur tidak bermasalah, sehingga tidak terjadi tuntutan di kemudian hari oleh masyarakat yang pada akhirnya akan merugikan semua pihak.

Selain itu, hal-hal menyangkut infrastruktur dapat disampaikan kepada kepala distrik sehingga akan dikawal bersama dewan saat pembahasan di Bappeda maupun saat pembahasan anggaran.

Sementara menyangkut honor para ketua RT, Robbi Omaleng berharap ketua-ketua RT dapat bersabar hingga APBD Perubahan TA 2020 ditetapkan, karena akan diakomodir disana.

Sementara anggota DPRD Mimika Herman Gafur mengatakan, sebagai perwakilan rakyat yang duduk di parlemen, masa reses merupakan kesempatan untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat sehingga dapat ditindaklanjuti kepada pemerintah.

Dikatakan, untuk pembangunan infrasturktur menjadi konses dewan, namun harus bersinergi dengan pemerintah daerah, terutama instansi teknis. “ Yang berikut masalah data penduduk, ini masih keteteran, sehingga menimbulkan banyak masalah, karena masih menggunakan data lama, disamping itu perpidahan penduduk yang tinggi di kota Timika,” ujarnya.

Sementara anggota DPRD Mimika Yustina Timang mengatakan, sebagai anggota DPRD dari Dapil II, dirinya akan selalu memperjuangkan hal-hal yang menyangkut pembangunan di wilayah itu.

Dikatakan, untuk peningkatan jalan perjuangan dan jalan kesehatan ujung, telah dimasukan dalam pokok pikiran dewan, sehingga diharapkan akan diakomodir dalam APBD TA 2021 mendatang. “Termasuk jalan masuk dari depan hotel 66,” katanya. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *