Thobias Maturbongs : Armada Pengangkut Sampah Harus Ditambah

Anggota DPRD Mimika dari Fraksi PDI Perjuangan, Thobias Maturbongs/Foto : Humas

TIMIKA

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika Thobias Maturbongs dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) meminta selain perbaikan kesejahteraan para petugas kebersihan, semestinya armada pengangkut sampah seperti truk, mobil box pengangkut sampah dan kendaraan roda tiga dan roda dua perlu ditambah.

“Saya lihat beban kerja dari para petugas kebersihan sangat berat dikarenakan armada sampah yang masih minim. Pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup perlu mendorong usulan penambahan anggaran untuk pengadaan kendaraan pengangkut sampah,”tegas Thobias Maturbongs kepada wartawan, Selasa (11/2).

Ia mengakui, sudah mengecek dan memantau langsung kelapangan banyak kendaraan armada pengangkut sampah umurnya sudah tua dan sudah ada beberapa yang rusak dan tidak layak lagi digunakan.

“Faktanya memang kekurangan armada dan banyak kendaraan yang sudah tua, harusnya diganti dengan armada baru. Hal ini agar petugas sampah lebih nyaman dan lebih ringan dalam mengangkut sampah di dalam kota Timika,”ungkap Thobias yang merupakan anggota DPRD Mimika dari Dapil III pesisir Mimika ini.

Terkait persoalan adanya tuntutan dari petugas beberapa hari lalu menyangkut persoalan upah dan peningkatan kesejahteraan adalah hal wajar dilakukan dan itu masih bisa ditoleransi.

“Kalau tuntutan mereka soal kenaikan upah belum bisa terealisasi, mungkin dinas bisa memberikan kompensasi berupa penghasilan tamabahan berupa uang lembur atau bonus bonus karena kinerja petugas kebersihan menjelang pelaksanaan Pesparawi dan PON tentunya sangat meningkat,”pintanya.

Thobias mengakui dirinya pernah dalam sebuah kesempatan berdiskusi dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa usulan anggaran dari dinas yang dirinya pimpin biasa tidak diakomodir sehingga alokasi anggarannya tidak sesuai yang diinginkan.

“Harusnya alokasi anggaran melalui usulan program dari DLH harus menjadi prioritas sehingga mereka bisa bekerja secara maksimal. Contoh kasusnya seperti saat ini, terjadi masalah tuntutan dari petugas kebersihan,”tuturnya.

Kedepan ia berharap pihaknya berharap pemerintah menaikkan anggaran dari DLH , sebab kedepan beban dan tanggungjawab dari DLH sangat berat karena menjadi komponejn penting dalam rangka menuju Mimika meraih kota Adipura. (humas)

Anggota DPRD