Reses Yohanis Wantik – Warga Usulkan Pemekaran Kampung


Reses Yohanis Wantik Warga Usulkan Pemekaran Kampung
TIMIKA

Dari kegiatan Reses anggota DPRD Mimika dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Mimika dari Partai Hati Amanat Rakyat (Hanura), Yohanis Wantik yang digelar di area gereja Tesalonika kompleks pemukiman warga di Kuburan Dalam Kelurahan Kamoro Jaya (SP1), Sabtu (25/11), menerima usulan dari masyarakat agar warga yang bermukim di area tersebut segera dimekarkan.

“Kami minta agar dewan memperjuangkan agar di tahun 2018 mendatang warga yang berada di sekitar ini sudah dimekarkan menjadi salah satu kampung. Itu tuntutan kami yang tidak bisa ditawar-tawar. Pemukiman warga yang ada disini sudah sangat siap dan telah memenuhi syarat untuk dimekarkan,”tegas Yoel Tabuni.

Yoel Tabuni yang mengaku tokoh masyarakat, mendesak pemerintah untuk segera menyiapkan dan mengusulkan untuk segera dibangun beberapa infrastruktur pendukung sebelum dimekarkan menjadi kampung.

Warga lainnya, Decky meminta agar dewan memperjuangkan perumahan masyarakat dan listrik bagi warga.

“Disini yang kebutuhan sangat mendesak adalah rumah sehat bagi warga. Tolong pemerintah untuk tahun 2018 harus menyediakan rumah bagi warga. Sebab saat ini kondisi sangat memprihatinkan karena dalam satu rumah dihuni lebih dari 5 Kepala keluarga. Selain itu listrik juga harus segera sampa di kampung,”pintanya.

Salah satu tokoh pemuda Martinus menuturkan,bahwa warga yang tinggal di pemukiman Kuburan Bagian Belakang Kelurahan Kamoro Jaya kurang mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Mimika.

“Warga disini butuh sentuhan pembangunan dan kesejahteraan. Di dapil I ada 9 anggota dewan sehingga wajib memperjuangkan suara rakyat. Kami berharap dewan mendorong pemerintah untuk bisa mensejahterakan masyarakat asli termasuk di sini,”pinta Martinus.

Menanggapi beberapa aspirasi dari warga, anggota DPRD Mimika dari Komisi C, Yohanis Wantik menyampaikan terima kasih atas semua usulan dan masukan yang tentunya menjadi tanggungjawab untuk memperjuangkan ke pemerintah melalui lembaga dewan.

“Kalau usulan untuk satu kampung saya yakin seratus persen tahun depan akan diakomodir dalam pemekaran kampung. Kalau untuk dua kampung yang mau diusulkan saya kira agak sulit dan berat. Untuk permintaan pemekaran dua kampung ada syarat terutama jumlah jiwa. Karena itu, untuk satu kampung dijamin bisa terealisasi. Karena itu, dalam rangka menyambut pemekaran warga harus mampu mandiri untuk memajukan kampung sebelum pemerintah meluncurkan anggaran,”ungkapnya.

Untuk usulan listri, Wantik mengusulkan agar semua warga segera mengurus KTP dan syarat syarat lainnya termasuk berapa jarak dan jumlah rumah sehingga PLN bisa terus menambah jaringan.

“Untuk warga yang berada di bagian bawah untuk segera memeprsiapkan KTP dan syarat lainnya agar bisa ada penyambungan listrik. Usulan warga saya akan berusaha semaksimal mungkin,”akunya.

 

Dalam kegiatan reses tersebut, Yohanis Wantik menyumbang bahan sembako dan dana tunai Rp 15 juta bagi warga untuk mempersiapkan perayaan Natal dan Tahun baru. Kegiatan reses ditutup dengan doa serta ramah tamah.(humas)

Berita Dewan Berita Terbaru