Reses Di Pesisir, Nurman Akan Dorong Peningkatan Ekonomi Nelayan

 

Anggota DPRD Mimika dari Dapil V saat menggelar kegiatan reses kampung di Pantai Atuka/ Foto : humas

TIMIKA

Anggota DPRD Mimika dari Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (Dapil) V , Muhammad Nurman S Karupukaro menggelar reses di pesisir tepatnya di Distrik Mimika Tengah berjanji akan mendorong peningkatan ekonomi nelayan yang ada di pesisir.

Nurman Karupukaro dalam kegiatan resesnya menerima aspirasi , saran dan usul dari  masyarakat nelayan di Distrik Mimika Tengah yang dilakukan dengan menggelar pertemuan di pantai Atuka, Distrik Mimika Tengah, pada Minggu (20/5).

“Jadi untuk meningkatkan hasil produksi tangkapan ikan para nelayan sudah barang tentu kualitas dan keberadaan alat tangkapnya perlu ditingkatkan,” kata Nurman dihadapan masyarakat nelayan,” kata Nurman saat melakukan tatap muka dan dialog dengan warga dari dua kampung di Atuka, Distrik Mimika Tengah, Minggu (20/5).

Anggota DPRD Mimika Dari Dapil V, Muhammad Nurman S Karupukaro foto bersama warga di Distrik Mimika Tengah/ Foto : Humas

Menurutnya bahwa, persoalan alat tangkap bagi nelayan, itu sudah disampaikan ke dinas terkait untuk segera dibantu.

“Kita sudah sampaikan, dan kita dewan berharap apa yang menjadi kekurangan nelayan dinas terkait secepatnya merespon,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa, selama berada di DPRD sudah banyak yang dikerjakan melalui hasil reses.

“Misalnya pengerjaan pengerukan kali Ipa, itu pertama kali saya cetuskan. Inikan supaya mudahkan akses jalan transportasi air bagi masyarakat,” katanya.

Ditambahkan bahwa, pada bulan Desember mendatang masyarakat nelayan sudah bisa menjual hasil tangkapan ke Koperasi nelayan Iwana Jaya.

“Nelayan tidak perlu lagi menjual ke pasar, tapi nanti ada koperasi nelayan yang siap membeli dan menampung dengan harga yang sangat membantu untuk meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Muhammad Nurman S Karupukaro saat berdialog dengan warga dalam kegiatan reses di Distrik Mimika Tengah/ Foto : dok Humas

Ditambahkan Nurman bahwa, para nelayan yang berada di pesisir Distrik Mimika Tengah untuk selalu bekerjasama, dan tidak ada pembagian batas wilayah penangkapan hasil laut.

“Saya tekankan jangan sampai itu terjadi, kalian harus bekerjasama karena kalian adalah saudara,” ungkapnya.

Agus Taparo dari Kampung Atuka mewakili para nelayan  mengusulkan agar diberikan bantuan alat tangkap serta perahu dan motor tempel atau sejenis katinting.

“Kami masih banyak kekurangan di alat tangkap, seperti perahu, mesin, jala ikan. Jadi kami harapkan bapak dewan bisa dorong usulan kami ini ke dinas terkait,” ucapnya.

Kegiatan reses Nurman Karupukaro digelar di pantai Atuka Distrik Mimika Tengah. Selain persoalan alat tangkap dan bantuan perahu Jhonson, sejumlah warga juga mengusulkan beberapa hal termasuk perumahan dan air bersih.

Dalam kesempatan tersebut, Nurman juga mengajak warga dari dua kampung tersebut untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilukada yang akan menentukan pemimpin di kabupaten Mimika pada 27 Juni 2018 mendatang.

Seusai menerima aspirasi nelayan, M. Nurman Karupukaro, anggota DPRD Mimika, daerah pemilihan (Dapil) V  juga menyerahkan sembako dan bahan bakar bagi nelayan. (humas)

Berita Dewan