Reses Di Kampung Poumako, Eliezer Ohee Terima Aspirasi Soal Sertifikat Tanah

POUMAKO

Menggelar kegiatan Reses di Kampung Poumako ,Distrik Mimika Timur,pada Sabtu (25/11) ,anggota DPRD Mimika dari Daerah Pemilihan V dari Partai Amanat Nasional (PAN),Eliezer Ohee  terima sejumlah aspirasi namun yang paling dominan warga menanyakan soal kepemilikan sertifikat tanah warga asli Kamoro.

Salah Satu warga bernama,Elizabeth meminta kepada Eliezer Ohee untuk dapat memperjuangkan agar proses pengurusan kepemilikan sertifikat tanah bisa didorong pemerintah karena selama ini banyak kendala yang hadapi terusama soal syarat-syarat yang banyak tidak dimiliki warga.

“Saya minta pa dewan yang sedang melakukan reses untuk bisa membantu warga khususnya asli Suku Kamoro untuk bisa pemerintah mempermudah terbitnya Sertifikat tanah.Sebab sudah berpuluh-puluh tahun hingga saat ini warga di Distrik Mimika Timur masih banyak yang belum miliki sertifikat,”usulnya.

Selain itu,Elizabeth juga meminta agar DPRD selaku lembaga pengawas untuk bisa mengawasi proses ganti rugi tanah warga yang harus diselektif secara baik.Karena menurutnya, banyak tanah warga dijual secara ilegla kepada pemerintah.

“Saya harap kalau ada pembayaran ganti rugi tanah di Poumako agar dilihat dan dicermati apakah itu benar status kepemilikannya sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari,”harapnya.

Sementara warga lainnya, Selfinus mengadu kepada dewan tentang adanya sekolah mulai tingkat SD,SMP dan SMA masih memungut biaya kepada anak murid atau kepada orang tua.

“Kami selaku orang tua sangat dibebankan dengan pungutan liar dari sekolah-sekolah.Apalagi sekolah negeri setahu kami tidak lagi ada bayar alias bebas.Namun faktanya masih saja ada.Tolong pa dewan tindak lanjuti ini ke dinas terkait,”pintanya.

Beda halnya dengan warga bernama Maria, dia mempertanyakan apakah di Kabupaten Mimika program BPJS atau Kartu Indonesia  Sehat itu masih dilaksanakan bagi masyarakat miskin.

“Kami bingung katanya ada program BPJS dan Kartu Sehat yang diprogramkan pemerintah tapi kadang masyarakat Kamoro selalu bermasalah bila berobat ke RSUD.Ini tolong diperhatikan bagi dewan dan pemerintah,”ungkapnya.

Menanggapi berbagai usulan dan aspirasi warga, Eliezer Ohee mengakui semua usulan dan masukan akan menjadi catatan dan setelah reses dari hasil reses ini akan dirumuskan untuk ditindak lanjuti.

“Semua masukan,saran dan kritikan sudah saya catat dan saya berharap agar masyarakat bersabar sambil menunggu DPRD bekerja untuk memperjuangkan aspirasi warga.Saya juga menghimbau agar di tahun sisa beberapa bulan terakhir ini adalah tahun politik sehingga pilihlah calon pemimpin yang punya hati untuk mensejahterakan masyarakat,”pinta Ohee.

Kegiatan reses selain dihadiri oleh puluhan warga juga tampak kepala kampung Poumako , Yohanis Yakiu, ketua ketua RT dan anggota Bamuskam. Acara reses Eliezer Ohee diakhiri dengan ramah tamah serta makan siang bersama.(humas)

Berita Dewan Berita Terbaru