Website Resmi DPRD Mimika

Reses Anggota DPRD Dapil V ke Aroanop, Warga Berharap Bantuan Transportasi Udara

Reses Anggota DPRD Dapil V ke Aroanop, Ancelina Beanal, Louis Paerong dan Sasiel Abugau/Foto : humas

TIMIKA

Tiga anggota DPRD Kabupaten Mimika dari Daerah Pemilihan (DAPIL) V melaksanakan kegiatan reses tahap I tahun 2020, ketiga anggota dewan ini mengunjungi Distrik Tembagapura kampung Aroanop, Senin, 20/7. Mereka diantaranya Aloisius Paerong, Ancelina Beanal, dan Sasiel Abugau.

Reses Ini merupakan salah satu program dari DPRD, yaitu anggota dewan kembali ke Dapil masing-masing untuk menemui konstituennya. Reses ini bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat. Adapun Dapil V mencakup tujuh Distrik diantaranya Tembagapura, Agimuga, Alama, Hoya, Jila, Jita, dan Kuala Kencana.

Dari kunjungan ke Distrik Tembagapura kampung Aroanop ini, ada tiga hal yang menjadi harapan warga yaitu terkait Pendidikan yang tidak berjalan, kesehatan, dan terutama transportasi udara.

Salah seorang warga Aroanop, Andareas Jangkup, meminta pemerintah agar dapat membantu masyarakat dengan menyediakan pesawat bersubsidi. Andareas mengeluhkan tidak adanya transportasi dalam beberapa bulan terakhir, sehingga warga kesulitan bahan makanan maupun untuk mengangkut warga yang sedang sakit.

Anggota DPRD dari partai Demokrat Ancelina Beanal yang menerjemahkan aspirasi masyarakat Aroanop, menjelaskan bahwa masyarakat Aroanop mengharapkan bantuan pesawat bersubsidi yang melayani masyarakat  2-3 kali seminggu sesuai kebutuhan masyarakat.

Warga Aroanop menyampaikan aspirasi kepada anggota DPRD Dapil V yang mengunjungi mereka.

Diwawancai terpisah politikus partai Perindo Aloisius Paerong mengatakan, transportasi menjadi dasar untuk mendukung kegiatan lain. “Seperti kita ketahui saat ini Aroanop belum ada transportasi darat, sehingga pemerintah harus memikirkan untuk mengangkut bantuan ke masyarakat melalui transportasi udara,” kata Lois panggilan akrab Aloisius Paerong.

Lebih lanjut Lois menjelaskan bahwa, Pendidikan dan kesehatan menjadi kebutuhan yang mendasar selain bahan makanan, pemerintah diharapkan dapat memikirkan untuk penempatan tenaga-tenaga pendidik yang mampu untuk bersosialisasi, bermasyarakat, terlebih mampu meningkatkan pendidikan sumber daya manusia di daerah pegunungan.

“Berikutnya masalah kesehatan, kita cukup prihatin ketika ada kondisi darurat yang harus ditangani oleh perawat, misalnya ada ibu-ibu yang mau melahirkan ketika tidak ada bidan maupun transportasi, dan saat itu tidak mungkin melahirkan secara normal maka akan ada banyak resiko yang dihadapi. karena itu saya berharap akses menuju Aroanop harus diperhatikan oleh pemerintah” kata Lois.

Selain itu Lois berharap OPD teknis dapat menerjemahkan Visi Misi Bupati agar dapat mencapai sasaran. “ Bupati mempunyai Visi untuk masyarakat mimika, karena itu OPD terkait harus menerjemahkan menjadi Misi agar apa yang menjadi Visi bupati dapat terwujud dengan baik” tutup Lois.

Selain menjaring aspirasi masyarakat, dewan juga membawa bantuan makanan untuk masyarakat Aroanop. (humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *