Pimpinan dan Komisi B DPRD Mimika, Hadiri Panen Bersama Petani SP 5

 

Wakil Bupati Mimika, Yohanes Bassang, Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom,SE, Ketua Komisi B ,Yohanis Felix Helyanan,SE , anggota Komisi B Muhammad Nurman S Karupukaro, Kadis Pertanian Holtkultura dan Perkebunan Mimika, Ir Yohana Paliling dan tamu undangan saat melakukan panen bersama tanaman padi Kelompok Tani Manunggal Jaya ,Kampung Limau Asri SP 5, Distrik IWaka, Kamis (15/3) / Foto : Humas

TIMIKA

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika yang dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom,SE dan Ketua Komisi B Yohanis Felix Helyanan,SE  serta dua anggota lainnya, Muhammad Nurman S Karupukaro dan Thadeus Kwalik,hadir dalam kegiatan panen bersama kelompok Tani Manunggal Jaya Kampung Limau Asri SP 5,Distri Iwaka,Kamis (15/3) siang.

Para pimpinan dan anggota DPRD Mimika turut mendampingi Wakil Bupati Mimika, Yohanes Bassang,SE,MSI dalam melakukan panen perdana yang ditandai dengan pemotongan dan menggiling padi. Selain itu juga hadir Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika, Ir. Yohana Paliling ,M,Si , Kapolsek Kuala Kencana dan Danramil Kuala Kencana.

Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom,SE saat menggiling padi dalam kegiatan Panen Bersama Petani SP 5, Kamis (15/3). / Foto : humas

Ketua DPRD Elminus B Bom, Ketua Komisi B Yohanis Felix Helyanan serta Muhammad Nurman Karupukaro dengan menggunakan perlengkapan petani memotong padi dengan menggunakan clurit lalu sama-sama ke penggilingan padi.

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada petani yang sudah berusaha semaksimal mungkin sampai bisa dilakukan panen.

“Walaupun belum maksimal saya atas nama pemerintah menyampaikan selamat kepada kelompok tani Manunggal Jaya SP 5 yang sudah berhasil melakukan panen bersama.Saya harapkan ditahun mendatang hasilnya loebih maksimal,”ungkapnya.

Ketua Komisi B DPRD Mimika,Yohanis Felix Helyanan ,SE saat menggiling padi/ Foto : humas

Wabup Bassang mengakui, dinas teknis khususnya bagi penyuluh atau pendamping untuk bisa lebih kreatif dalam mencari bibit padi yang cocok untuk di lahan tanah di kabupaten Mimika.

“Kalau sekarang padinya belum maksimal karena mungkin alasan pengairan, yah, alangkah baiknya para penyuluh mencari terobosan baru dengan mendatangkan bibit padi yang cocok dengan tanah di daerah ini,”pintanya.

Anggota Komisi B DPRD Mimika, Muhammad Nurman S Karupukaro saat menggiling padi usai panen petani SP5/ Foto : humas

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Ir Yohana Paliling,M.SI dalam laporannya mengatakan, bahwa kabupaten Mimika yang mempunyai luas lahan  baku total berjumlah 620 hektar dan tersebar di tiga distrik dan salah satunya di distrik Iwaka yang paling luas dengan total 405 hektar.

“Lahan baku terluas ada di distrik Iwaka dan salah satunya adalah lahan milik kelompok tani Manunggal Jaya SP 5 yang saat ini melaksanakan panen dengan total 10 hektar tanaman padi.Memang masih belum maksimal yang disebabkan ketersediaan air yang belum memadai,”jelasnya Yohana.

Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom,SE  (Pertama dari kiri), Wabup Mimika Yohanes Basang (tengah) dan Ketua Komisi B DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE (pertama kiri) dan Muhammad Nurman S Karupukaro (belakang)/ Foto : humas

Yohana menyampaikan terima kasih kepada aparat TNI yang selama ini telah membantu petani sehingga bisa sukses melaksanakan panen padi di Kampung Limau Asri.(humas)

Berita Umum