Pilkada Mimika : Lima Paslon Bermohon ke MK

Tujuh Paslon Bupati dan Wakil Bupati saat menggelar Debat Kandidat di Eme Neme Yauware/ foto : dok Humas

Timika

Usai dilakukan Pleno Penetapan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Mimika pada pelaksanaan Pemilukada Mimika, kinia tahap berikutnya yaitu upaya gugat mengugat.

Informasi terbaru menyebutkan bahwa Lima Paslon masing-masing,Paslon Nomor Urut 1, Drs Petrus Yanwarin-Alpius Edoway  (Petraled), Nomor urut 2, Robertus Waoropea-Albert Bolang (RnB), Nomor urut 3, Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (Musa) , Nomor Urut 4, Hans Magal-Abdul Muis (HAM) dan Nomor urut 7, Philipus Wakerkwa-H.Basri  (Philbas) akhirnya resmi menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dari situs resmi mahkamahkonstitusi.go.id, tercatat lima Pasangan Calon (Paslon) telah mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati dan walikota tahun 2018 ke Mahkamah Konstitusi RI dengan termohon KPU Mimika. Sesuai ketentuan, batas pengajuan permohonan telah berakhir pada Jumat (13/7) pukul 24.00 WIB.

Kelima pengajuan permohonan tersebut  ditandatangani Panitera MK, Kasianur Sidauruk dan telah tercatat dalam Buku Pengajuan Perkara Konstitusi (BP2K). Tahapan berikutnya, MK akan memeriksa kelengkapan berkas para pemohon. Permohonan yang belum lengkap selanjutnya akan diberitahukan kepada pemohon untuk segera dilengkapi sejak pemohon menerima surat pemberitahuan.

Paslon nomor urut 2 Robertus Waropea SH dan Albert Bolang SH MH (RnB) menjadi pemohon pertama. RnB melalui kuasa hukumnya, Laode M Rusliadi SH dkk mendaftarkan permohonan dengan nomor 63/1/PAN.MK/2018 pada Jumat (13/7) pukul 13.05 WIB.

Tak berselang lama, Paslon nomor urut 3 Wilhelmus Pigai dan Athanasius Allo Rafra SH MSi (MUSA) melalui kuasa hukumnya, Haris Azhar SH MA dan Nurkholis Hidayat SH LLM  dkk mendaftarkan permohonan dengan nomor 64/1/PAN.MK/2018 pada pukul 13.23 WIB.

Paslon nomor urut 4 Hans Magal SP dan Abdul Muis ST MM (HAM) melalui kuasa hukumnya Arsi Divinubun SH MH dkk juga mendaftarkan pengajuan permohonan dengan nomor 65/1/PAN.MK/2018 pada pukul 14.55 WIB.

Philbas Melalui kuasa hukumnya, Ambrosius Lamera SH mendaftarkan permohonan dengan nomor 67/1/PAN.MK/2018 pada menit terakhir batas waktu, Jumat pukul 23.55 WIB. Menyusul Petraled melalui kuasa hukumnya, Raimondus Ronald Welafubun SH dan Zainal Zukri SH mendaftar dengan nomor 68/1/PAN.MK/2018 pada pukul pukul 23.59 WIB. (humas)

Berita Umum