Website Resmi DPRD Mimika

Pemkab Harus Siapkan BLK Bagi Lulusan SMA/SMK

                                                                                              H.Muh Asri,SE  / Foto : humas

Timika

Anggota komisi C DPRD Mimika H. M Asri Anjang,SE  meminta agara Pemerintah kabupaten Mimika melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tehnis untuk bisa menyiapkan Balai latihan Kerja (BLK) untuk bisa memberikan pelatihan khusus bagi lulusan SMA/SMK di kabupaten Mimika.

Ia memprediksi kalau tidak ada antisipasi dengan mendirikan BLK maka banyak lulusan SMA/SMK di Kabupaten Mimika akan menjadi pengangguran. Pasalnya apabila tidak mampu melanjutkan ketingkat perguruan tinggi dan dipastikan lulusan SMA/SMK tidak memiliki skill atau keahlian tertentu  sementara peluang dan kesempatan kerja di Timika semakin sedikit.

“Dari tahun-tahun fenomena itu memang ada dan semakin bertambah setiap tahun dan hingga saat ini Pemkab Mimika tidak pernah memikirkan hal itu, dan jika dibiarkan tidak ada upaya dari pemerintah maka semakin menumpuk pengangguran,”kata H Asri di kentor DPRD Mimika, Rabu (15/5).

Menurut H Asri sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja selain itu untuk menyiapkan tenaga kerja tetntunya tidak cukup hanya dengan lulusan SMA dan SMK saja. Hal tersebut harus dibarengi dengan keahlian dari masing-masing individu dan dalam mengasah keahlian tersebut tugas dari pemerintah.

“Ya, solusinya Pemerintah menyiapkan anak-anak kita supaya memiliki skili-skil meskipun hanya lulusan SMA/ SMK untuk bisa di terima di perusahaan yang membutuhkan tenaga yang memiliki keahlian,”tutrnya.

Sebagai wakil rakyat, H Asri meminta kepada pemkab Mimika untuk mempersiapkan atau membuat Balai Latihan kerja (BLK). Hal teresbut untuk mempersiapkan putra-putri generasi kabupaten Mimika yang hanya lulusan SMA/ SMK yang tidak bisa melanjutkan ketingkat lebih tingga agar bisa mendapatkan lapangan pekerjaan.

“Solusinya ya Pemda harus siapkan BLK karena Pemda harus membina atau membimbing anak-anak kita itu, jika tidak ya pengangguran meningkat dari tahun-ketahun,”ungkapnya. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *