Pemerintah Rencana Bangun Stadion Mewah Rp 1,8 T, Waket II DPRD : Belum Terlalu Urgensi

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) kabupaten Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE mengatakan belum terlalu urgensi bagi pemerintah daerah untuk membangun stadion bertaraf internasional yang menelan anggaran senilai Rp 1,8 Trilyun.

“Kami DPRD sendiri belum dapat info tentang rencana itu, kami hanya dengar dari berita kalau pemerintah daerah Mimika akan membangun stadion sepakbola mewah di area SP 5. Menurut saya mau membangun sebuah stadion sah sah saja, tapi menurut saya itu belum terlalu dibutuhkan atau belum urgensi. Apalagi dengan anggaran yang begitu besar belum terlalu penting, lebih baik manfaatkan stadion Wania Imipi SP 1 karena selama ini juga terbengkalai,” tegas Yohanis Felix Helyanan yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Mimika kepada timika bisnis.com, Selasa (3/8).

Waket II yang akrab disapa Jhon Thie mengaku, dengan kondisi masyarakat Mimika yang saat ini terpuruk dari ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang masih dirasakan khususnya kalangan menengah kebawah lebih butuh perhatian dan bantuan untuk bisa bertahan hidup, serta sektor sektor lain yang lebih urgent dibanding membangun sebuah stadion mewah.

“Saya anggap belum terlalu mendesak untuk membangun sebuah stadion mewah, harusnya pemerintah lebih fokus untuk memulihkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat seperti memberikan bantuan usaha atau membangun rumah untuk warga yang tak mampu atau mensejahterakan masyarakat melalui bantuan langsung guna menopang hidup seluruh masyarakat Mimika,”katanya.

Peruntukkan stadion mewah ini untuk apa, sementara di Jayapura sudah ada stadion Sepakbola yang mewah untuk digunakan dalam penyelenggaraan PON ke XX. Sementara hajatan PON sudah akan selesai di tahun ini, lalu membangun stadion mewah ini manfaatya untuk agenda apa.

“Stadion mewah bertaraf internasional itu sudah ada di Jayapura yang akan digunakan pada PON XX tahun ini, lalu untuk di Mimika dibangun diperuntukkan untuk ivent apa. Lebih bagus anggaran besar itu bisa membangun infrastruktur lainnya yang lebih bermanfaat untuk masyarakat Mimika, terkesan pemerintah menghambur hambur uang saja,”keluhnya.

Lagi kata Jhon Thie, terkait rencana pembangunan stadion megah ini pemerintah belum pernah mempresentasikan atau berkoordinasi dengan DPRD Mimika

“Harusnya program atau rencana membangun stadion dengan nilai fantastis seperti ini harus dikoordinasikan atau dipresentasikan ke DPRD Mimika sebagai lembaga yang bermitra dengan pemerintah, harus lewat persetujuan legislatif sebuah rencana program dari pemerintah, apalagi nilainya yang cukup besar,”pintanya.

Sebelumnya, pemnerintah daerah kabupaten Mimika melalui Bupati Mimika,Eltinus Omaleng,SE,MH telah mempresentasikan desain stadion berstandar FIFA dengan kapasitas 35 ribu penonton yang menelan dana senilai Rp 1,8 trilyun yang bersumber dari dana hak dividen. Adapaun lokasinya  terletak di Jalan Poros SP 5 dengan luas 50 hektar yang akan digunakan sebagai venue Aeromodeling. (humas)

Berita Terbaru