Paripurna Pelepasan Jenasah, 6 Fraksi dan Sekwan Beri Penghormatan Terakhir Kepada Ketua DPRD Mimika

Anggota DPRD Mimika bersama-sama mengangkat peti jenasah Ketua DPRD Alm. Robbi K Omaleng.

TIMIKA –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada Sabtu (24/4) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka pemberian penghormatan terakhir dan pelepasan jenazah Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, S.IP,MA.

Pada proses pelepasan jenasah dari DPRD, Enam Fraksi di DPRD masing masing, Fraksi Golkar,  Fraksi Nasdem, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB dan Fraksi Mimika Bangkit, serta Sekretaris Dewan DPRD Mimika, Dra Ananias Faot beserta  staff Sekwan memberikan penghormatan terakhir kepada Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng, S.IP, MA di saksikan oleh Pimpinan Sidang Wakil Ketua I Aleks Tsenawatme, Wakil Ketua II Yohanis Felix Helyanan dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wabup Jhob Rettob dan Sekda Michael Gomar dan seluruh pimpinan OPD dan keluarga besar Omaleng.

Prosesi penghormatan dan pelepasan jenazah dipimpin Wakil Ketua I, Aleks Tsenawatme dan Wakil Ketua II Johannes Felix Helyanan didampingi Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Mimika, Papua pada Sabtu, (24/4/21).

Aleks Tsenawatme dalam sambutanya menyebut bahwa almarhum Robby merupakan sosok teladan yang baik dan pernah dimiliki oleh Daerah Kabupaten Mimika.

Hal itu terlihat bukan hanya sukses pada saat Robby menjabat sebagai ketua DPRD Mimika, namun juga pada saat memimpin berbagai Organisasi.

“Beliau pimpinan yang patut kita contoh. Saya mewakili segenap anggota dewan dan staf menyampaikan turut berduka cita yang mendalam,” kata Wakil Ketua I DPRD Mimika Alex Tsenawatme.

Ditempat yang sama, Bupati Mimika Eltinus Omaleng melalui Wakilnya Johannes Rettob dalam sambutanya mengaku terkejut dan sangat terpukul atas kepergian putera dan pemuda terbaik Daerah Mimika tersebut.

“Kita semua terkejut dan terpukul atas meninggalnya ketua. Begitu cepat kepergian ini,” kata Johannes Rettob sambil terbata-bata.

Wabup mengisahkan, sehari sebelum Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya, keduanya tengah berdiskusi begitu banyak tentang kemajuan daerah.

Robby yang dikenal sebagai sosok humanis dan murah senyum itu juga mudah menjalin komunikasi terhadap siapapun termasuk Wabup Mimika.

“Saya sangat merasa kehilangan karena kami berdua sering berdiskusi tentang kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah ini. Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama masa hidupnya, mohon almarhum dimaafkan,” ujarnya.

Sebagai penghormatan terakhirnya, Bupati Mimika telah mengeluarkan surat edaran dengan nomor 001.2/242 tentang pengibaran bendera setengah tiang selama tiga hari terhitung mulai Sabtu (24/4/21).

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat mimika turut berduka cita yang mendalam. Semoga Almarhum dapat diterima dalam kehidupan kekal di surga dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan,” tutupnya.

Isak tangis pun pecah saat pemberian penghormatan terakhir dan penyerahan Jenazah almarhum Ketua DPRD kepada pihak keluarga. Almarhum selanjutnya dibawa keluar oleh anggota DPRD dan diarak menuju liang lahat untuk dikebumikan.

Selanjutnya jenasah Robby Omaleng sempat sebelum dikebumikan di pemakaman keluarga Besar Omaleng terlebih dahulu diarak keliling kita Timika kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemakaman.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mewakili keluarga dan pemerintah menyampaikan ucapan Terima kasih kepada semua semua pihak yang telah membantu dan bekerja sama dari proses masih di RSMM hingga proses pemakaman hari ini.

“Saya atas nama keluarga dan pemerintah menyampaikan terimah kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu proses awal hingga pemakaman hari ini, “Ucap Eltinus Omaleng.

Usai acara ibadah pemakaman  dilanjutkan dengan tabur bunga dan peletakan kran bunga oleh Istri almarhum Petronela Uamang, Wakil Ketua I Aleks Tsenawatme, Wakil Ketua II Yohanis Felix Helyanan, Wabup Bupati Jhon Rettob dan para Forkopimda.

Robby K Omaleng diketahui menjabat sebagai ketua DPRD Mimika masa bakti 2019-2024 terhitung sejak dilantik pada 26 Februari 2020.

Adik dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng itu menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (22/4) sekitar pukul 14:15 di RSMM Caritas Timika karena serangan jantung.

Semasa hidupnya, Robby pernah memimpin sederet Organisasi diantaranya ; ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Timika periode 2008-2010, Ketua KNPI Kabupaten Mimika periode 2015-2018, manajer Persemi Kabupaten Mimika periode 2016-2021, Dewan penasehat Koni Kabupaten Mimika periode 2018-2022, Ketua Ascap PSII Mimika periode 2019-2023, Dewan penasehat PB PON XX Klaster Mimika serta hingga kini Manager tim Futsal PB PON XX/2021. (humas)

Berita Dewan