Website Resmi DPRD Mimika

Legislatif dan Eksekutif Gelar Rapat Pra Pembahasan APBD-P 2019

Ketua Tim Anggaran Pemda Mimika, Sekda Marthen Paiding saat menyampaikan materi pembahasan APBD Perubaan 2019/Foto : humas

TIMIKA

Dewan Perwakilan Raktyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika sebagai Lembaga Legislatif bersama Pemerinta Kabupaten Mimika (Eksekutif) melakukan rapat bersama Pra Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2019.

Rapat bersama ini digelar di Hotel Marcoopolo, Jakarta, Kamis (26/9) yang dihadiri oleh tim anggaran Eksekutif yang dipimpin langsung oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda)Kabupaten Mimika, Ir. Marthen Paiding bersama Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifa, Kepala Bagian Keuangan Setda Mimika, Marthin Malissa, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Mimika, Sihol Parningotan, SH serta staff Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Mimika.

Rapat Pra Pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2019 dipandu langsung oleh Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom,SE bersama seluruh tim anggaran DPRD Mimika.

Tim Anggaran DPRD dan Tim Anggaan Pemkab Mimika/Foto : Humas

Dalam arahannya, Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang sudah bersedia hadir bersama untuk membahas secara detail APBD Perubahan 2019 yang sudah beberapa kali mengalami penundaan.

“Saya berharap kita duduk bersama melihat seluruh poin dan program dari OPD yang mengalami pergeseran tanpa ada hal baru seperti pekerjaan fisik. Karena ini hanya mengalami penambahan saja sehingga kita tidak bahas hal lain apalagi mengenai pekerjaan fisik. Namanya saja perubahan, jadi ada agenda atau program dari OPD yang kita tambahkan anggarannya sehingga bisa selesai pekerjaannya,”tegas Elminus.

Pimpinan DPRD berharap agar tim anggaran Eksekutif benar benar memprioritaskan kekurangan anggaran khususnya hal hal yang urgent, sementara hal lainnya nanti kita bahas atau usulkan di APBD induk tahun anggaran 2020 mendatang.

“Hal hal yang kemarin belum maksimal anggaran yang kita prioritaskan, sementara yang lainnya nanti di pembahasan APBD induk saja,”ungkap Elminus.

Suasan Pembahasan Pra APBD Perubahan 2019/Foto : Humas

Sementara itu, Plt Sekda, Marthen Paiding menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan dan anggota serta Tim Anggaran Legislatif atas ketidak hadiran Bupati dan Wakil Bupati karena ada urusan dinas lain yang waktunya bersamaan.

“Pada prinsipnya Bupati telah memerintahkan Tim anggaran Pemerintah untuk membahas bersama,”jelas Sekda.

Menurut Sekda, adanya pembahasan ini dalam rangka melakukan perubahan karena berbagai dasar dan pertimbangan adanya hajatan besar yang akan di gelar di Mimika yaitu, Pesta Padua Suara Gerejawi Seluruh Papua dan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) ke XX tahun depan.

“Dalam rangka memperbaiki Tata Kelola Pemeritahan maka TAPD mendorong agar APBD Perubahan 2019 ini untuk menyiapkan berbagai kesiapan baik itu sarana dan prasarana untuk kesiapan Mimika menjadi tuan rumah Pesparawi dan PON XX. Jadi Bupati menginstruksikan agar APBD Perubahan 2019 ini lebih pada bagaimana program dan kesiapan Mimika untuk sukses melaksanakan Pesparawi  dan yang lainnya akan di akomodir di APBD Induk 2020,”jelas Sekda.

Suasana Rapat Pra Pembahasan APBD Perubahan 2019/Foto : Humas

Rapat Pra Pembahasan APBD Perubahan 2019 berlangsugn secara marathon selama dua hari berturut turut. Pra Pembahasan dilakukan dengan melihat satu persatu program di seiap OPD dilingkup Pemkab Mimika.

Beberapa hal yang penting khususnya di OPD Kesehatan dan Pendidikan serta Kegiatan di Sekretariat DPRD mendapatkan perhatian dari tim eksekutif dan legislatif.

Beberapa anggota tim anggaran DPRD Mimika, berharap kepada Pemerintah Daerah agar mengoptimalkan kinerja di bidang Pendidikan dan Kesehatan. Dewan berharap agar Pemkab lebih serius mengurus kesehatan dan guru guru yang jarang berada di tempat tugas sementara anggaran cukup besar.

Setelah membahas selama dua hari, Tim Anggaran Eksekutif dan Legislatif akan segera membawa hasil Pra Pembahasan APBD-Perubahan 2019 ke Rapat Paripurna dan setelah ditetapkan selanjutnya akan berkoordinasi dengan Pemerintahn Propinsi. (humas)

Suasan Rapat Pembahasan APBD P tahun 2019/Foto : Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *