KPN “Praja Setwan” Sukses Gelar RAT Tahun Buku 2017

Rapat Anggota Tahunan RAT KPN Praja Setwan Tahun Buku 2017 / Foto : humas

TIMIKA

Setelah sukses menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017 pada, Rabu (6/6) di ruang Serba Guna Kantor DPRD Mimika, akhirnya program Koperasi Praja Negeri (KPN) Praja Setwan Sekretariat DPRD Mimika resmi di sahkan.

Tiga program yang dihasilkan melalui RAT tersebut diantaranya, usaha Cleaning Service, Usaha Pengelolaan Air Isi Ulang dan Usaha Toko Serba Ada (Toserba) disahkan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika yang ditandai dengan penanda tanganan Berita Acara hasil RAT.

Arwan Nussy,Spd sebagai Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM, menyampaikan, agar apa yang sudah diprogram dapat dijalankan dengan baik.

“Pada prinsipnya kembali lagi pada kita, karena semua dari kita dan untuk kita. Dan hal-hal yang belum selesai kedepannya bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Ia juga percaya KPN Praja Setwa pasti maju karena di antara semua KPN-KPN yang ada dan yang paling aktif adalah KPN Praja setwan. Menurut dia, bahwa KPN Praja bisa jadi motivator bagi KPN yang lain di Kabupaten Mimika ini.

Paulus Dumais yang juga Sekretaris Dewan, Selaku penasehat KPN Praja, mengajak untuk majukan koperasi Setwan agar mendapatkan nilai tambah, karena apa yang didapat dalam koperasi itu awal dari memperbaiki ekonomi.

“Sudah ada program maka harus dijalankan,” ucapnya.

Ketua KPN Praja Setwan , Widowati,SH saat menyampaikan sambutan/ foto : humas

Disampaikannya bahwa, dengan adanya RAT artinya koperasi masih aktif, karena didalam RAT itu dibicarakan semua anggota koperasi bagaimana meningkatkan pendapatan tambahan.

“Kalau tahun lalu belum bisa tercapai, maka tahun ini kita harus benahi dan mempebaiki. Saya akan berikan bantuan dengan barang untuk di kelola di Toserba,” ungkapnya.

Widowati,SH, selaku Ketua KPN Praja Setwan, menyampaikan bahwa KPN sebenarnya merupakan koperasi yang aktif, namun karena masa transisi sehingga perkembangan belum signifikan. Tetapi dengan sudah adanya pengesahan program KPN Praja 2018 oleh Dinas Koperasi dan UKM sangat diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Ini menjadi titik awal koperasi untuk mulai usahanya. Program ini menjadi prioritas,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa sebelum disahkan program kerja KPN Praja Setwan tahun 2018, terlebih dahulu seluruh anggota KPN Praja Setwan melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN “Praja”Setwan Tahun Buku 2017.

Peserta RAT KPN Praja Setwan/ foto : humas

Adapun kesimpulan hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN “Praja”Setwan Tahun Buku 2017, yakni Sekwan akan memberikan bantuan barang sebagai modal awal, usulan dari dinas koperasi agar KPN Praja Setwan bisa menempatkan jenis usaha lain, dibuatkan papan nama koperasi dan kartu anggota, dibuatkan surat bagi anggota yang berada diluar kantor DPRD yang masih mempunyai pinjaman untuk segera membayar pinjaman dan dibuatkan surat bagi anggota yang berada di dalam kantor DPRD untuk segera membayar pinjaman.

Dalam RAT tersebut juga dilakukan pemilihan anggota Badan Pengawas dan Marzuki mendapat suara terbanyak dan mengganti salah satu anggota Badan Pengawas Salomina Imbiri yang meninggal dunia.

Selain itu, dalam RAT KPN Praja Setwan seluruh laporan dari Badan Pengawas dan Badan Pengurus diterima oleh seluruh anggota dengan beberapa catatan. Kegiatan RAT diakhiri dengan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada seluruh anggota KPN Praja Setwan. (humas)

Berita Umum