Komisi B DPRD Mimika Studi Banding ke Bantaeng

Komisi B saat kunjungan ke Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Bantaeng – Komisi B DPRD Kabupaten Mimika melakukan studi banding ke kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (16/6).

Mengawali kunjungan pertama, Komisi B disambut Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Asikin, Msi. diruang rapat kantor bupati yang  juga dihadiri Asisten I dan sejumlah pimpinan OPD.

Bupati Bantaeng dalam sambutannya menyampaikan penghargaan atas kedatangan Komisi B DPRD Mimika, Bupati Ilham berharap dengan kunjungan komisi B ini dapat membangun persaudaraan, serta menjadi momentum strategis dalam pertukaran informasi, pertukaran pengalaman, sehingga menjadi penguatan dalam pembangunan di kedua kabupaten.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ilham menceritakan sedikit tentang Kabupaten Bantaeng, “Topografi kabupaten Bantaeng berupa dataran tinggi, dataran rendah, dan laut, adapun jumlah penduduk sekitar 200 ribu jiwa, dengan 30 persen mata pencaharian disektor pertanian. Garis pantai sekitar 21 ribu kilometer, ada juga pengembangan rumput laut.” Kata Ilham.

Selain pertanian,  dikembangkan juga industri pariwisata, dan industri nikel, selama empat tahun terakhir, Bantaeng masuk dalam proyek strategis nasional.

Ketua Komisi B Rizal Pata’ dan dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Komisi B disini karena Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu kabupaten yang maju di Provinsi Sulawesi Selatan, selain itu bisa melihat secara langsung kemajuan Bantaeng, baik infrastruktur maupun pemerintahannya.

Rizal berharap dapat informasi tentang pengelolaan di bidang perikanan, “Mimika memiliki laut yang luas, banyak kapal yang mengambil ikan tapi kabupaten tidak mendapat manfaat apa-apa” kata Rizal.

Rizal Pata’dan yang juga politikus partai Golkar ini terkesan dengan kopi asli Bantaeng yang rasanya nikmat. Serta suasana Bantaeng yang tenang dan Asri.

Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cinderamata.

Adapun anggota komisi B yang ikut studi banding diantaranya Herman Gafur, Aloisius Paerong, Tansil Azharie, Karel Gwijangge, Mathius Yanengga, Anthon Palli, Angelina Beanal, dan Merry Pongutan. (humas)

Berita Terbaru