Website Resmi DPRD Mimika

Komisi B DPRD Mimika : Proyek PLTMG Poumako Harus Rampung Sebelum PON XX Digelar

Gerson Harold Imbir/ Foto : humas

TIMIKA

Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika berharap Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTMG) yang berlokasi di Kampung Poumako distrik Mimika Timur bisa segera dilanjutkan dan bisa rampung sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang.

Harapan tersebut disampaikan salah satu anggota Komisi B DPRD Mimika, Gerson Harold Imbir kepada wartawan di ruang kerjanya di kantor DPRD Mimika, Kamis (9/5) siang.

“Saya beberapa hari lalu melihat secara langsung aktifitas di lokasi proyek pembangkit listrik tersebut di area Poumako, tetapi sangat disayangkan tidak terlihat ada pekerjaan. Padahal proyek yang dibangun diatas lahan seluas 12 hektare tersebut direncanakan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada pelaksanaan PON XX di Timika. Karena itu kami bertanya kenapa proyek tersebut tidak dikerjakan dan apa kendalanya,”tegas Gerson.

Menurut dia, proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTMG) berkapasita 50 Megawatt tersebut awalnya sudah diperkirakan rampung tahun 2019 namun sampai saat ini sangat mustahil bisa rampung tahun ini. Karena proyek tersebut rencananya dibangun diatas lahan seluas 12.000 hektare.

“Kepada pihak PLN tolong dijelaskan kenapa proyek tersebut tidak dilanjutkan. PLN harus terbuka menjelaskan sehingga DPRD bisa membahasnya dan bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan propinsi. Proyek itu tak boeh dibiarkan terlantar tanpa kepastian, semua orang bertanya tanya tentang proyek itu,”katanya.

Awal dari proyek tersebut juga rencananya akan dibangun gardu induk yang nantinya akan dibangun jaringan transmisi listrik yang menghubungkan PLTMG di kawasan pelabuhan Poumako menuju Timika menggunakan puluhan tiang menara. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *