Website Resmi DPRD Mimika

Komisi B Akan Undang OPD Tehnis Bahas Soal PAD dari Pengiriman Konsentrat

Anggota Komisi B DPRD Mimika Muhammad Nurman Karupukaro / Foto : humas

TIMIKA

Setelah melakukan kunjungan kerja ke lokasi Pengeringan dan Penimbangan Bahan Konsentrat milik PT Freeport Indonesia di Porsite, Amamapare , Selasa (2/7) lalu, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika berencana akan mengundang beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tehnis untuk menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) salah satu untuk membahas seberap besar Pendapatan bagi kabupaten Mimika..

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi B Muhammad Nurman S Karupukaro, Jumat (6/7) siang. Menurutnya, RDP tersebut untuk mensinkronkan hasil dari perhitungan dari Disperindag atas pendapatan bukan pajak yang diperoleh dari Freeport terkait pengiriman konsentrat dari pelabuhan Porsite.

“Kita sudah dapat penjelasan dari manajemen PT Freeport Indonesia dan petuga Disperindag yang mengawasi pengiriman konsentrat yang dikirim keluar dengan besaran serta nilai pendapatan bagi kabupaten Mimika. Nah hal itu yang kami ingin sinkronkan dengan Dispenda, Disperindag, Bea Cuka dan OPD lainnya yang ada keterkaitan,”tegas Nurman.

Menurut dia, RDP itu sangat penting sehingga DPRD khususnya Komisi B harus tahu persis berapa yang didapatkan dari hasil ekspor konsentrat dari Freeport.

“Saat ini kewenangan untuk pengiriman konsentrat milik Freeport itu diawasi oleh Disperindag dan bea cukai, dan ini hal yang baru kita tahu bahwa selama ini tidak benar kalau Freeport kirim konsentrat tanpa ada pengawasan. Dari kunjungan kemarin jelas, Freeport tidak bisa kirim konsentrat sembarangan tanpa ada izin dari Bea Cukai maupun dari Disperindag,”jelasnya.

Kami berharap, RDP nanti bisa mengetahui secara jelas berapa sesungguhnya PAD yang diterima pemerintah dari pengiriman konsentrat tersebut.

“Untuk waktunya kami akan minta persetujuan pimpinan dan bagian sekretariatan untuk mengundang dan mengatur kapan dilakukan rapat tersebut,”imbuh Nurman. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *