Ketua Komisi A : Banyak ASN Mimika Terlibat Praktis Politik

Ketua Komisi A DPRD Mimika Saleh Alhamid / Foto : Humas DPRD Mimika

TIMIKA

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika , Saleh Alhamid menilai selama massa kampanye dalam pelaksanaan Pemilukada kabupaten Mimika banyak oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat politik praktis.

“Memasuki masa kampanye Pemilihan Umum kepala daerah (Pilkada) Kabupaten banyak oknum ASN yang terlibat dalam permainan politik Pilkada.

Dari hasil pengamatannya, Saleh mengakui ada keterlibatan ASN dalam bentuk memberikan dukungan dan ikut terlibat dalam kampanye dan mendukung salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati.

“Saya harap, jika hal ini betul ada dan kedapatan, akan di tindak lanjuti. Sebagai ASN tidak boleh untuk bermain politik dan tidak berpihak. Apabila terbukti terlibat akan di berikan sanksi,” kata Saleh Alhamid kepada Buletin DPRD Mimika, di kantin DPRD Mimika, Selasa (17/4).

Saleh menegaskan, harusnya ada sanksi yang diberikan oleh atasanya bisa berupa sanksi administrasi dan sanksi kepangakatan. Dalam hal ini, ASN adalah tanggung jawab atasannya yakni pimpinannya. Namun, ia berharap kepada kepala  pemerintahan dapat mengatasi hal ini.

“Memang ASN punya hak untuk berpolitik yakni ikut serta dalam mencoblos. Namun, tidak boleh ikut serta dalam kampanye dan perpihak pada salah satu pasangan calon secara terbuka dan sebagai tim sukses,” ujarnya.

Ia menambahkan, hal yang sama juga berlaku bagi personil TNI/Polri.

“Jika hal itu terjadi dan tidak di lihat oleh pimpinan, maka saya yang akan melaporkan hal ini kepada atasan mereka di pusat,” tuturnya.

Saleh meminta peran dari lembaga pengawas (Panwas) serta masyarakat, agar dapat memantau pelaksanaan kampanye Pilkada Kabupaten Mimika. Apabila masyarakat mengetahui, adanya ASN yang terlibat dalam mendukung salah satu calon dalam kampanye, untuk segera dilaporkan agar bisa di proses. (humas)

Berita Umum