Kepergian Elizabeth Tenawe, Duka Mendalam Bagi Lembaga DPRD Mimika

 

Jenasah anggota DPRD Mimika,Elizabeth Tenawe,SE saat diusung keluar dari gedung Paripurna DPRD Mimika ke mobil jenasah untuk kemudian diantar kerumah duka di Jalan Budi Utomo, Kamis (1/3)./ foto : humas

TIMIKA

Suasana duka masih menyelimuti rumah Almarhuma Elizabeth Tenawe,SE yang merupakan anggota DPRD Mimika dari Komisi B yang terletak di Jalan Budi Utomo.Keluarga masih merasakan duka mendalam atas kepergian almarhum Eliazabeth Tenawe yang selama ini begitu dikenal sangat baik , murah senyum dan menjadi suritauladan bagi seluruh keluarga.

Duka mendalam juga sangat dirasakan oleh lembaga DPRD Mimika, bagaimana tidak? Sosok wanita satu-satunya didewan yang memiliki sifat keibuan yang selalu memberikan motivasi ,dorongan dan semangat kepada anggota dewan lainnya kini telah pergi menghadap sang khalik.Kepergian Elizabeth Tenawe yang senang dipanggil Kaka Betty ini, tak disangka-sangka sebab di masa-masa penghujung hayatnya walaupun dalam keadaan sakit dia masih bersama-sama dengan dewan lainnya untuk menyelesaikan apa yang menjadi tugas lembaga legislatif seperti pembahasan KUA PPAS dan pembahasan draf dua Raperda.

Almarhumah yang menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (27/2) pukul 12.45 WIB di RS Darmais Jakarta akhrinya dengan ijin Tuhan, jenasah tiba di Timika pada Kamis (1/3) pagi, setelah melalui perjalanan yang cukup panjang.

Anggota DPRD Mimika foto bersama di depan peti jenasah anggota DPRD Mimika,Almarhumah Elizabeth Tenawe,SE usai penyerahan dari lembaga DPRD ke pihak keluarga, Kamis (1/3)/ foto : humas

Setibanya jenasah Almarhumah Elizabeth Tenawe di kediamannya di Jalan Budi Utomo yang diberangkatkan dari Jakarta, Rabu (28/2) malam hingga tiba  di Timika.Selanjutnya dilakukan proses penyerahan jenasah dari lembaga DPRD Mimika kepada keluarga, yang secara spontan terdengar isak tangis yang larut dalam kesedihan tak bisa terbendung.Mereka merasa kehilangan orang tersayang, orang yang selama ini murah senyum serta menjadi ibu bagi anak-anaknya dan menjadi kebanggaan keluarga Tenawe Rettob.

“Aduh wee..anak Betty kenapa ko pergi begitu cepat.Sayang kooo…Mama sayang koo. Saya sudah tra bisa lihat ko ternsenyum lagi.Tuhan kenapa ko panggil anak Betty begitu cepat kami masih mau lihat dia tersenyum,”itulah ucapan yang terlontar dari beberapa Ibu-ibu Kamoro yang turut menjemput jenasah Almarhumah Elizabeth Tenawe saat tiba di kediamannya di Jalan Budi Utomo.

Kesedihan dan duka mendalam juga terlihat dari raut wajah sang suami , ayahanda dan Ibunda A.Tenawe ,suami tercinta , anak-anak serta saudara kandung dan sepupu dan semua kerabat dekat dari Eliazabeth Tenawe yang terus meratapi kepergian almahumah.

Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom,SE saat menyerahkan jenasah kepada pihak keluarga,Kamis (1/3)/ foto : humas

Begitu juga halnya yang dialami oleh rekan sesama anggota DPRD Mimika yang selalu setia mendampingi sejak Almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya pada, Selasa (27/2) siang di RS Darmais Jakarta, sejumlah anggota dewan tak bisa menahan rasa haru dan sedih, nampak dari bola mata satu persatu anggota DPRD Mimika terlihat berkaca-kaca saat mengusung peti jenasah dari ruang paripurna DPRD Mimika menuju mobil jenasah yang akan mengantarkan ke rumah duka usai acara serah terima jenasah dari pimpinan DPRD kepada pihak keluarga.

Sepupu Almarhumah Elizabeth Tenawe,SE sekaligus rekan sesama anggota DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE mengaku terpukul dan merasakan kehilangan sosok yang sangat aktif dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

“Dia murah senyum  dan selalu menyapa siapa saja yang ditemui.Dia menjadi seorang ibu di DPRD Mimika karena dialah satu-satunya perempuan dari 35 anggota DPRD Mimika.Selalu tampil terdepan dan menjadi motivator bagi seluruh anggota dewan,”ungkapnya.

“Saya selaku saudara dan sekaligus atas nama keluarga besar dari almarhumah Elizabeth Tenawe menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila selama masa hidupnya baik itu disengaja maupun tidak disengaja untuk mohon dimaafkan,”pinta Yohanis Felix Helyanan kepada Buletin DPRD Mimika.

Jhon mengisahkan,bahwa sosok Elizabeth Tenawe selama masa hidupnya adalah orang yang tidak pernah mengeluh, selalu kokoh kuat dan selalu tersenyum bagi siapa saja.Selama menjadi anggota DPRD Mimika, sangat vokal dan gigih dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat  Papua terlebih dua suku besar Amungme dan Kamoro.

“Almarhum sangat aktif dalam kegiatan dan agenda dewan baik aktifitas di dalam kantor maupun kegiatan-kegiatan dewan seperti kunker dan reses untuk menemui masyarakat di kampung-kampung.Dia pantang menyerah dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat di lembaga DPRD,”aku Jhon Thie.

Keluarga dan kerabat anggota DPRD Mimika,Elizabeth Tenawe,SE tak tahan menahan rasa haru. Keluarga merasa kehilangan yang selama ini jadi suritauladan/ foto : humas

Rekan kerjanya di komisi B Hadi Wiyono mengakui,bangga dan salut terhadap sosok Almarhum Elizabeth Tenawe yang selalu tersenyum kepada siapa saja walaupun ia dalam kondisi yang tidak sehat.

“Dia merupakan salah satu wanita terbaik yang dimiliki kabupaten Mimika.Dia wanita sangat kuat,tangguh dan sosok pekerja keras.Dimata rekan-rekan di legislatif Almarhumah satu-satunya wanita tapi dia tak pernah merasa minder bahkan dia lebih gigih memperjuangkan kepentingan masyarakat,”ungkap Hadi Wiyono.

Yohanis Wantik menuturkan, Almarhum Elizabeth Tenawe adalah salah satu wanita asal Kamoro yang patut menjadi suritauladan dalam memperjuangkan emansipasi wanita dan punya cita-cita untuk memperjuangkan hak-hak dasar orang Kamoro dan Amungme.

Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom,SE dalam sambutannya sebelum menyerahkan jenasah kepada keluarga menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga atas kepergian almarhumah Elizabeth Tenawe. Ketua mengakui, almarhumah adalah salah satu anggota dewan yang pernah dimiliki kabupaten Mimika.

“Banyak cita-cita dan impiannya yang belum sempat ia tuntaskan karena Tuhan lebih sayang dia.Saya atas nama lembaga DPRD Mimika menyampaikan permohonan maaf apabila selama ini ada kesalahan yang menyakiti almarhumah.Semoga engkau tenang di sisiNYA,”ucap Elminus B Mom.

Sosok Almarhum Elizabeth Tenawe selama hidupnya dikenal sangat akrab dan murah senyum dengan siapa saja.Sebelum menjadi anggota DPRD Mimika dia pernah tercatat sebagai anggota pada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWPI) dan anggota Kamar Dagang Indonesia (KADIN). Dengan kalangan wartawan dia sangat akrab dan sangat humanis, kapan dan dimana saja ia selalu memberikan ruang kepada awak media. Almarhum menjadi anggoata DPRD Mimika melalui Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan III.Jabatan yang hingga akhir hayatnya tercatat sebagai anggota Tim Badan Musyawarah (Bamus), anggota Komisi B yang membidangi anggaran. Selain itu, ia kerap kali tampil sebaga juru bicara dalam pandangan fraksi mewakili Fraksi terbesar di DPRD Mimika yaitu Fraksi Mimika Bersatu.

Dalam sebuah kesempatan Almarhumah sering berkata kalau cita-citanya adalah ingin terus menyerukan agar di Mimika tidak ada lagi kekerasan yang dialami kaum perempuan dan anak-anak. Cita-cita mulia itu belum sepenuhnya ia jalankan karena Tuha berkehendak lain dan memanggilnya ke surga.Selamat jalan sang legislator yang murah senyum, hiduplah tenang disisiNYA.(humas)   

Berita Dewan