Website Resmi DPRD Mimika

Jelang Akhir Tugas, DPRD Mimika Bisa Sahkan Perda

                                                                                                Karel Gwijangge,SIP/ foto : humas

Timika

Menjelang masa akhir tugas keanggotaan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) kabupaten Mimika, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mimika berusaha untuk bisa menhasilkan beberapa Peraturan Daerah (Perda).

Hal tersebut ditegaskan Ketua Bapemperda DPRD Mimika, Karel Gwijangge,SIP  mengatakan di akhir masa jabatan anggota DPRD Mimika akan berupaya melahirkan beberapa Peraturan daerah (Perda).

Kata dia, keanggota DPRD Mimika Periode  2014-2019  belum satupun Perda yang di buat padahal DPRD memiliki fungsi legislasi yang dimana salah satunya pembuatan Perda.

“Mudah-mudahan sebelum berakhirnya masa jabatan kita bisa selesaikan beberapa Perda yang menjadi kepentingan daerah. Hampir diseluruh OPD sudah ada perencanaan Perdanya tetapi belum di buat suatu rancangan terutama Perda menyangkut PAD,”kata Karel di kantor DPRD Mimika, Rabu (15/5).

Ia mengakui karena faktor minimnya anggaran sehingga membuat DPRD Mimika tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik terutama dalam menetapkan Perda. Menurutnya ketidak adaannya  anggran untuk Bapemperda membuat pembahasan rancangan hingga penetapan Perda tidak berjalan.

“Minim  anggaran sehingga membuat DPR tidak buat sesuatu yang besar untu kepentingan daerah ini. Mudah-mudahan tahun ini ada tapi katanya lagi diupayakan beberapa Perda,”ungkapnya.

Dijelaskna Karel, bahwa  dalam pembuatan sebuah Perda membutuhkan biaya sangat besar. Karena dalam pembutan perda tersebut melibatkan banyak pihak dan untuk saat ini regulasi terhadap pembuatan Perda tersebut sudah jelas sehingga lebih mudah dan bisa menghasilkan Perda yang berkualitas.

“Kita butuh biaya untuk buat suatu Perda karena melibatkan pihak dari Kemendagri, pihak Propinsi, eksekutif dan legislatif,”jelasnya.

Bahwa dalam jadwal yang sudah diatur dalam akhir bulan mei 2019 DPRD Mimika harus melakukan pembahasan. Diharapkan bisa segera terlaksana sesuai jadwal karena banyak anggota dewan yang mencalonkan kembali di Pemilu 2019 sehingga konsentrasi tertuju pada pemilu 2019. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *