Website Resmi DPRD Mimika

H. Iwan Anwar, SH, MH Jadi Pimpinan Sementara DPRD Mimika

Pimpinan Sementara DPRD Mimika,H.Iwan Anwar,SH,MH saat menerima palu sidang dari Ketua DPRD lama ELminus B Mom,SE/Foto : Humas

Timika

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika Periode 2019-2024 dari Partai Golongan Karya (Golkar) H. Iwan Anwar, SH, MH resmi menjadi ketua DPRD Sementara menggantikan Elminus B Mom, SE.

Penunjukan H. Iwan Anwar, SH sebagai Pimpinan sementara berdasarkan  ketentuan UU RI  pasal 34, ayat 2 terkait peraturan pemerintah RI nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Kabupaten dan Kota serta sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 165 ayat 2 yang menyebutkan bahwa dalam hal pimpinan DPRD  yang baru terbentuk, maka  DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara terdiri dari satu orang Ketua dan satu orang Wakil Ketua.

Pemilihan ketua dan wakil ketua sementara tersebut berdasarkan ini berasal dari partai politik (Parpol) yang memperoleh kursi terbanyak pertama serta peroleh kursi terbanyak ke dua sebagai wakil ketua.

Dengan memperhatikan surat dewan pimpinan Partai Golkar nomor 077/ST/golkar/Timika/11/2019 tanggal 21 November  tentang penunjukan nama pimpinan sementara DPRD Mimika.

Pimpinan Sementara DPRD Mimika, H Iwan Anwar ,SH,MH /Foto : Humas

Sedangkan  sesuai dengan surat pimpinan Partai Nasdem  Mimika nomor 031.DPD-Mimika/SMTS/11/2019 tanggal 21 november  tentang nama pimpinan sementara DPRD Mimika, menunjukan Aleks Tsenawatme  Wakil Ketua  sementara DPRD Mimika.

Usai pembacaan penunjukan pimpinan sementara, selanjutnya dirangkaikan dengan penyerahan palu sidang dari Pimpinan Sidang periode 2014-2019, Elminus B Mom kepada Pimpinan Sidang  periode 2019-2024, Iwan Anwar.

Saat menyerahkan palu sidang, Elminus B Mom mengatakan agar palu tersebut merupakan simbol putusan pelaksanaan pembangunan di Mimika. Sama-sama diketahui bahwa Mimika merupakan Daerah yang rawan konflik sehingga selama lima tahun ke depan, situasi itu merupakan tanggungjawab bersama.

“Saya serahkan palu ini kepada H. Iwan Anwar dengan harapan  palu ini harus dipegang baik-baik,” kata Elminus dalam  Rapat Paripurna Istimewa DPRD Mimika Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Dan Peresmian Anggota DPRD Kabupaten Mimika Periode 2019-2024, Senin (25/11).

Ketua sementara DPRD Mimika yang terpilih,H. Iwan Anwar,SH,MH  mengungkapkan bahwa palu sidang diterima untuk sebagai penentu hasil dalam persidangan selama lima tahun ke depan.

Selanjutnya, dalam sambutannya,H. Iwan Anwar  mengatakan, hal ini berdasarkan ketentuan dan peraturan yang ada. Dimana, sebelum pimpinan defenitif ditetapkan, maka DPRD Mimika dipimpin oleh pimpiinan sementara yang berasal dari dua Parpol dengan perolehan kursi terbanyak.

Pimpinan Sementara DPRD Mimika, H Iwan Anwar,SH,MH bersama Istri Ny H.Iwan Nawar /Foto : Humas

Tugas utama pimpinan sementara DPRD adalah memimpin rapat. memfasilitasi pembentukan fraksi, dan memfasilitasi rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD. Serta memproses penetapan pimpinan DPRD defenitif.

“Kami sampaikan rasa hormat dan terimakasih setinggi-tingginya kepada para purna bahkti, baik pimpinan ataupun seluruh anggota DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 yang selama masa baktinya telah menunjukan pengabdian, kerja keras dan prestasi yang baik dalam menjalankan tugas,” tuturnya.

Selanjutnya ia mengajak kepada seluruh anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 agar bersama-sama melanjutkan dan meningkatkan semua karya  yang telah tercapai dan disesuaikan dengan tuntutan perkembangan pembangunan saat ini.

Anggota DPRD dituntut untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Di sisi lain, selaku mitra eksekutif, maka harus bersinergi dengan Pemkab dan jajarannya. Hal itu mengisyaratkan bahwa  tugas yang bakal dihadapi oleh seluruh anggota DPRD 2019-2024 memang cukup kompleks karena disamping melanjutkan tugas dewan di masa jabatan sebelumnya, juga termasuk penyelesaian semua pekerjaan yang belum tuntas. Juga mengingatkan agar terus berupaya mengembangkan dinamika kerja dengan paradigma baru bagi terwujudnya kondisi Mimika yang lebih nyaman dan sejahtera.

“Maka itu semua harus didorong oleh semangat yang tulus dalam menerima amanah rakyat. Semua daya upaya yang akan kita lakukan ke depannya  adalah semata-mata untuk suksesnya program pembangunan daerah yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Mimika dan Papua pada umumnya,” katanya. (humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *