Elminus Mom : Bangun Perumahan Rakyat Harus Merata

Elminus B Mom, SE / Foto : Humas

Timika

Ketua DPRD Mimika,  Elminus B Mom, SE  meminta  Pemerintah Kabupaten  (Pemkab)  agar terus menunjang kehidupan masyarakat melalui program pembangunan perumahan rakyat (PR) secara merata pada semua distrik dan kampung yang ada di Kabupaten Mimika.

“Setap tahun jika ada program pembangunan perumahan rakyat terkesan  hanya di tempat-tempat tertentu saja. Tidak semua kampung dapat program ini, padahal masyarakat di sana butuh rumah layak huni dan rumah sehat,”kata Elminus di kantor DPRD Mimika, Senin (20/7).

Elminuis  mencontohkan apa yang sudah dilakukan LPMAK yakni telah membangun 50 unit rumah bagi masyarakat tiga desa yang letaknya di Jalan Irigasi, itu patut dijadikan cambuk buat pemkab untuk bangun lagi di tempat yang lain terlebih ke distrik dan kampung-kampung.

“Kita lihat LPMAK saja bisa bangunkan rumah buat masyarakat tiga desa, kenapa kita pemerintah tidak bisa seperti itu. Pada hal pemerintah punya anggaran APBD besar belum lagi bantuan-bantuan dari kementerian untuk perumahan rakyat selalu ada kenapa mereka di sana dilupakan begitu saja,” terang Elminus.

Elminus menilai bahwa, untuk perumahan itu sangat penting sebab hasil pengamatan anggota DPRD dilapangan masih banyak satu unit rumah itu dihuni lebih dari satu kepala keluarga.

“Kita lihat saja rumah-rumah masyarakat yang ada di pesisir dan pedalaman dalam satu rumah ada dua sampai lima kepala keluarga (KK).  Itu berarti tidak layak, tidak sehat dan hidup tidak akan berubah.  Kami dewan minta pemkab  (eksekutif)  harus bangun rumah buat masyarakat secara bertahap dan merata,” ujar Elminus.

Elminus menjelaskan,  setiap tahun APBD Mimika sangat besar, tapi tidak ada program keberpihakan pada rakyat khusus untuk perumahan rakyat.  Ini patutu disayangkan.  Buat apa fasilitas daerah bagus,  dan mewah-mewah, tapi perumahan masyarakat  lebih-lebih masyarakat asli Papua banyak yang tidak layak dan tidak sehat bahkan sangat  memprihatinkan.

“Setiap kali reses anggota dewan selalu terima aspirasi masyarakat soal rumah mereka.  Uang APBD itukan uangnya rakyat,  jadi masyarakat punya hak untuk minta uang itu untuk bangun fasilitas rumah tinggal mereka. Jangan kita abaikan rakyat karena rakyat pemerintah bisa bekerja baik dan karena rtakyat pemerintah selalu dapat dana besar dari pusat,” terang Elminus. (humas)

 

Berita Umum