DPRD Mimika Tantang KPK ke Timika Usut Kasus Korupsi

Anggota Komisi A DPRD Mimika, Theo Deikme / Foto : humas

Timika- Terindikasi kuat banyaknya terjadi unsur korupsi di pemerintahan kabupaten Mimika, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika menantang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk turun ke Timika.

“Timika mendapat WTP dari BPK sangat tidak masuk akal. Pemberian WTP tersebut dipertanyakan lantaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 mengalami defisit. Jangan BPK  kalau bisa KPK yang turun agar kasus-kasus korupsi di Timika bisa diungkap,” tegas salah satu nggota komisi A DPRD Theo Deikme dalam keterangan pers yang disampaikan kepada wartawan di Gedung Serba Guna DPRD Mimika di Jalan Cenderawasih Jumat (9/3) siang.

Theo mengakui, bahwa sangat ironis defisit anggaran ini diwarnai dengan adanya utang daerah kepada bank Papua melalui pinjaman dan utang kepada pihak ketiga senilai Rp 200 miliar

“Saya mempertanyakan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang di berikan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) kepada keuangan daerah Kabupaten Mimika. Padahal, penggunaan anggaran selama ini meninggalkan sejumlah utang yang mencapai milyaran rupiah.Karena itu KPK yang katanya ada di Timika coba lihat kasus-kasus besar di Timika ini,”tegasnya.

Menurut dia, indikator adanya dugaan terjadinya korupsi yang dilakukan oleh OPD-OPD dimana banyak program yang tidak tepat sasaran dan menelan anggaran begitu besar.

“Programnya harusnya untuk kepentingan masyarakat.Kami dewan sudah mengetahui dan ada hasil pemantaun yang kami lakukan,”unkapnya.

Sementara anggota Komisi C, H Muhammad Asri,SE menegaskan bahwa banyak program yang dianggarkan di APBD dengan nilai yang cukup besar namun fisiknya sangat tidak masuk akal.

“Salah satu contoh pengerjaan Jalan Hotmix dari depan Gereja Katedral Tiga Raja sampai di Depan Gelael di Jalan Cendrawasih tidak sampai 1 KM namun menghabiskan Rp 40 an Miliar. Ini kan tidak masuk akal, jadi KPK coba turun ke Timika untuk usut dugaan korupsi ini,”pintanya .(humas)

Berita Umum