Website Resmi DPRD Mimika

DPRD Mimika Harus Selalu Bermitra Dengan Wartawan

Foto bersama anggota DPRD Mimika dengan para wartawan dari beberapa media di Timika/Foto : Humas

TIMIKA

Kehadiran wartawan dalam meliput berbagai kegiatan dan agenda kerja di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sangat membantu dalam menyebarluaskan informasi melalui berita apa yang dilakukan oleh para anggota dewan. Karena tanpa wartawan masyarakat tidak akan tahu kegiatan apa saja sehari hari yang dilakukan oleh seluruh anggota dewan , sehingga DPRD dan wartawan harus selalu bermitra.

Ketua Sementara DPRD Mimika, H. Iwan Anwar,SH,MH  mengakui hal tersebut saat diskusi lepas bersama sejumlah anggota DPRD Mimika dengan sejumlah wartawan dari beberapa media yang bertugas di kantor dewan di kantin kantor DPRD Mimika di Jalan Cendrawasih, Timika, Papua, Rabu (11/12) siang.

“Kita harus akui bahwa seseorang tidak akan besar atau dikenal publik tanpa peran dari wartawan. Karena itu, anggota DPRD Mimika harus selalu bermitra dengan wartawan. Kalau tanpa wartawan yang membuat berita dari berbagai kegiatan dan aktifitasnya sehari hari tidak akan ada yang tahu. Karena itu, semoga kerja sama sejak awal yang sudah terbina dengan baik ini tetap berjalan, dan komunikasi serta diskusi berbagai persoalan biasanya dengan wartawan karena mereka mendapatkan banyak informasi langsung dari masyarakat,”ungkap H. Iwan Anwar.

Namun ia berharap, apabila ada sebuah persoalan yang bisa menimbulkan dampak atau sebab akibat agar dalam menulis berita harus selalu berimbang dan wajib dikonfirmasikan agar tidak ada yang merasa dirugikan.

“Saya kira wartawan juga mempunyai protak atau prosedur dalam menjalankan profesi wartawannya. Karena itu, wartawan dan seluruh anggota DPRD bisa saling berkoordinasi dan berkomunikasi. Saya berharap kita selalu bisa duduk sambil santai berdiskusi tentang berbagai hal, “harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota DPRD Mimika dari Fraksi Nasdem, Daud Bunga, SH bahwa kehadiran wartawan sangat penting dalam membantu menginformasikan berbagai hal yang aktual kepada masyarakat.

“Dewan dengan wartawan harus sama sama saling bersinergi terutama dalam menyampaikan informasi atau persoalan yang terjadi di tengah tengah masyarakat. Namun media juga harus menelaa, apa yang kami sampaikan itu  apakah faktual atau tidak. Karena kita tidak ingin pemberitaan di media akhirnya bisa menimbulkan berbagai opini negatif dan positif ditengah tengah masyarakat,”tegas Daud Bunga.

Para anggota dewan saat bersantai di kantin Kantor DPRD Mimika/Foto : Humas

Menurut Daud Bunga, bahwa tantangan yang harus kita hadapai sekarang ini adalah bagaimana merubah paradigma masyarakat dari hal negatif ke hal yang positif.

“Peran wartawan lah yang bisa membantu merubah paradigma atau pola pikir masyarakat terhadap berbagai hal yang terjadi di tengah tengah masyarakat. Salah satu contoh, selama ini masih banyak orang katakan Timika itu Tiap Minggu Kacau. Padahal itu tidak benar, dan yang bisa meluruskan hal ini adalah melalui pemberitaan yang ditulis oleh teman teman wartawan. Ah, inilah pentingnya sinergitas yang harus terus dibangun antara dewan dan wartawan,”serunya.

Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, Parjono mengakui hubungan dengan 35 anggoata dewan yang sebelumnya sudah berjalan dengan baik harus terus terjaga dan terjalin selama lima tahun bertugas DPRD Mimika.

“Wartawan harus tetap profesional dalam menulis berita, harus berani menyampaikan sesuai fakta. Kalau bagus, ya.. katakan bagus kalau jelek harus berani katakan jelek,” tegas Parjono. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *