Website Resmi DPRD Mimika

Den Hagabal : Kepala Kampung Nakal Bisa Diganti

Den B Hagabal/ Foto : Humas

TIMIKA

Angota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bahwa kewenangan Badan Musyawarah (Bamus) Kampung dapat mengusulkan melalui persetujuan seluruh masyarakat bila ada kepala kampung yang tidak menjalankan tugas dan tanggungjawab apa yang diamanatkan oleh warganya.

“Selama ini banyak kepala kampung begitu bebas dan tanpa beban dan lalai dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya untuk membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, walaupun kepala kampung itu baru bertugas selama setahun bisa diusulkan untuk diganti melalui usulan Bamus. Fungsi dan tugas Bamus itu sama seperti DPRD nya kampung,”tegas anggota Komisi B DPRD Kabupaten Mimika, Den B Hagabal, Selasa (2/7).

Den Hagabal mengakui, bahwa banyak ditemukan para Kepala Kampung dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya tidak sesuai dengan yang sudah diprogramkan dalam Musrendes.

“Selama ini banyak ditemukan dilapangan kalau kepala Kampung bekerja suka suka dia bahkan tidak lagi melibatkan Bamus dan seluruh masyarakat dalam merancang dan mengusulkan program program yang menggunakan dana kampung. Hal inilah yang membuat kampung tidak mengalami kemajuan,”keluhanya.

Apa yang menjadi permasalahan di kampung harusnya ada pendampingan atau sosialisasi dari Dinas Pemberdayaan Kampung agar kepala kampung dan semua tingkatan dibawahnya bisa mengerti tugas dan poksinya.

“Kalau ada pendampingan dan pembinaan dari Bagian Pemberdayaan kampung , saya yakin kepala kampung akan bekerja sesuai apa yang diinginkan oleh seluruh masyarakat,”ungkapnya. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *