Website Resmi DPRD Mimika

Dari Kunker Komisi B : Disperindag Akan Serahkan Pengelolaan Pasar Mapurujaya ke Distrik

Foto bersama Komisi B dengan Kepala Disperindag Mimika Bernadinus Songbes, Kadistrik Mimika Timur Marike Warinussy usai meninjau Pasar Rakyat di Mapurujaya, distrik Mimika Timur/ Foto : Humas

TIMIKA

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Mimika akan menyerahkan pengelolaan Pasar Mapurujaya bila sudah direnovasi kepada pemerintahan distrik Mimika Timur.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika Bernadinus Songbes , disela sela mendampingi anggota DPRD dari Komisi B saat meninjau lokasi Pasar Mapurujaya, Senin (1/7).

“Pasar Mapurujaya ini harus segera difungsikan untuk bisa digunakan oleh Mama mama yang kini berjualan dipinggir jalan. Kami dari dinas sejak jamannya kadistrik Paskalis Kirwelakubun, Katerina Saweri sampai Kadistrik Marike Warinussy sudah mengusulkan anggaran bahkan sampai ke Musrenbang juga kami sudah berupaya namun tak pernah disetujui,”keluh Songbes.

Songbes mengakui bila usulannya diterima dan rehab selesai pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintahan distrik untuk mengelola pasar Mapurujaya.

“Kalau sudah rampung kami akan serahkan secara resmi kepada Kadistrik, tergantung nanti tehnis pelaksanaanya oleh pemerintah distrik. Karena ini bagian dari memberdayakan pemerintah distrik. Kasihan Kadistrik sudah berupaya mengarahkan ibu ibu dan data pedagang namun belum bisa terlaksana karena kondisi pasar masih seperti ini,”katanya.

Kepala Distrik Mimika Timur, Marike Warinussy mengakui bahwa pasar Mapurujaya  sudah bertahun tahun tidak difungsikan sehingga ditutupi rumput dan pepohonan dan dijadikan tempat berkumpul bagi para orang mabuk.

“Karena pasar ini bertahun tahun dibiarkan sehingga seperti hutan dan menjadi tempat para orang mabuk dan juga menjadi tempat pertemuan muda mudi. Saya berharap agar kondisi yang ada dapat diperjuangkan oleh DPRD untuk diakomodir dan bisa nantinya ditempati oleh Mama mama untuk bisa menunjang perekonomian masyarakat di distrik Mimika Timur,”pinta Marike.

Menanggapi usulan dari Kadisperindag dan Kadistrik Mimika Timur, anggota Komisi B Anthonius Kemong berjanji usulan yang diajukan dinas akan diperjuangkan nantinya agar anggarannya bisa diakomodir di pembahasa APBD Perubahan.

“Prinsipnya dewan yang mempunyai tugas budgeting (anggaran) akan mengawal itu karena ini menjadi prioritas dalam rangka meningkatkan perekonomian bagi Mama mama Papua,”tegasnya.

Hal yang sama juga diharapkan anggota Komisi B lainnya, Muhammad Nurman S Karupukaro agar pada saat pelaksanaan PON XX tahun 2020 nanti, pasar Mapurujaya sudah berfungsi.

“Pasar ini merupakan pasar penunjang yang harus difungsikan saat pelaksanaan PON nanti. Karenanya, anggaran yang diusulkan Disperindag akan dikawal dan didorong di APBD Perubahan,” katanya.  (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *