Website Resmi DPRD Mimika

Anggota DPRD Mimika Elias Mirip : Bangga TNI Bisa Membantu Masyarakat Bangun Kampung

Anggota DPRD Mimika yang juga tokoh masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip mendampingi Wakil Bupati Mimika Yohannes Basang dan Dandim 1710/Mimika saat mengikuti pembukaan TMMD ke 105 Kodim 1710/Mimika tahun 2019 diKampung Mandiri Jaya, Rabu (10/7)/ Foto : Humas

TIMIKA

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika yang juga tokoh masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua merasa bangga dan mengapresiasi terhadap aparat TNI khususnya KODIM 1710/Mimika yang menggelar kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang mulai digelar, Rabu (10/7).

Kegiataan TMMD ke 105 Kodim 1710/Mimika dimana pembukaannya diawali penyerahan sekop kepada salah satu anggota TNI yaitu Sertu Alosius Weyau dan sebuah cangkul kepada  kepala Kampung Mandiri Jaya, Natalius Weya dari Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang,SE sebagai sebuah simbol kemanunggalan antara TNI dan masyarakat untuk bersama sama memegang Sekop dan Cangkul Untuk membangun berbagai fasilitas kampung dan warga masyarakat di kampung Mandiri Jaya.

Anggota DPRD Mimika dari Komisi C Elias Mirip mengakui telah berkomitmen bersama tokoh masyarakat serta seluruh masyarakatnya dan telah berjanji bila ada warga yang kedepatan mengkomsumsi miras atau mabuk akan diusir keluar dari kampung tersebut karena Kampung Mandiri Jaya adalah kampung anti miras.

Elias menjelaskan bahwa, Kampung Mandiri Jaya yang berada di Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua adalah salah satu kampung yang dibangun atas jerih payah dan hasil swadaya dari warganya  sendiri yang merupakan warga Papua yang dulunya tinggal di Kampung Kwamki Narama yang pada saat itu merupakan salah satu area yang sering menjadi ajang perang antar kelompok Suku, lalu meninggalkan kampung tersebut dan membangun kampung Mandiri Jaya yang saat ini dijadikan lokasi TMMD ke 105 Kodim 1710 Mimika tahun 2019.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bapak bapak TNI yang telah membantu membangun Kampung dalam berbagai hal, seperti memperbaiki fasilitas Jalan, Jembata, MCK, Sumur Bor dan penyuluhan pertanian dan kesehatan. Ini adalah bukti nyata TNI dan warga sama sama dalam sebuah komitmen untuk memajukan kampung Mandiri Jaya,”tegasnya.

Anggota DPRD Mimika yang juga tokoh masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip mendampingi Wakil Bupati Mimika Yohannes Basang dan Dandim 1710/Mimika saat mengikuti pembukaan TMMD ke 105 Kodim 1710/Mimika tahun 2019 diKampung Mandiri Jaya, Rabu (10/7)/ Foto : Humas

Kata dia, bahwa kampung Mandiri Jaya memiliki luas 3 kilometer persegi dengan 11 RT dengan  jumlah penduduk 944 jiwa, menjadi pilihan satu satunya untuk pelaksanaan TMMD ke 105 tahun 2019 oleh Kodim 1710/Mimika.

Elias menuturkan kegiatan TMMD sebagai salah satu bentuk bhakti TNI terhadap rakyat bukan hanya sebuah seremonial belaka dan tidak juga hanya sekedar membuat jalan ataupun jembatan, MCK namun intinya adalah sebagai salah satu sarana komunikasi dan  mendekatkan diri antara TNI dan masyarakat di Kampung Mandiri Jaya yang mana seluruh warganya 100 persen merupakan warga Orang Asli Papua (OAP).

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang pada saat pembukaan TMMD, Rabu (10/7)  dalam sambutannya mengatakan, pemerintah dan seluruh masyarakat sangat  bersyukur karena diperkenankan oleh Tuhan pelaksanaan TMMD di kampung Mandiri Jaya harus disyukuri karena sangat bermanfaat dalam membangun kerjasama lintas sektor antara TNI dan masyarakat.

“Ini satu kesempatan yang sungguh luar biasa untuk membangun satu kebersamaan antara TNI dan seluruh elemen masyarakat,” kata Bassang.

Anggota DPRD Mimika yang juga tokoh masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip foto bersama dengan Wabup Mimika Yohannes Bassang usai mengikuti pembukaan TMMD ke 105 Kodim 1710/Mimika tahun 2019 diKampung Mandiri Jaya, Rabu (10/7)/ Foto : Humas

Wabup mengakui, kegiatan TMMD yang dilakukan bukan hanya sebuah formalitas yang wajib dilaksanakan oleh Komando kewilayahan, namun dari situlah ada komunikasi yang terbangun antara TNI dan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap kepada warga kampung Mandiri Jaya agar dapat memberikan dukungan sepenuhnya kepada Satgas TMMD yang melaksanakan tugas agar dapat menyelesaikan kegiatan tersebut dan dilandasi dengan hati, sehingga apa yang dikerjakan bisa selesai dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan fisik berupa penimbunan jalan poros kampung Mandiri Jaya sampai diarea perkebunan warga sepanjang 1.015 meter dengan lebar 8 meter dengan tinggi 50 cm, pembangunan kamar mandi dan MCK umum sebanyak 3 unit, pembangunan sumur bor dan bak penampungan air sebanyak 3 unit, pembangunan Jembatan penghubung 2 unit, sedangkan kegiatan non fisik berupa, bidang mental spiritual dan agama.

Kegiatan Non Fisik menurut Dandim diantaranya, penyuluhan pertanian, perkebunan, peternakan, penyuluhan KB dan cinta tanah air, pemutaran film-film perjuangan, penyuluhan HIV-Aids dan bahaya miras dan narkoba.

Anggota DPRD Mimika yang juga tokoh masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip saat diwawancarai awak media usai pembukaan TMMD ke 105 Kodim 1710/Mimika tahun 2019 diKampung Mandiri Jaya, Rabu (10/7)/ Foto : Humas

Sementara Kepala kampung Mandiri Jaya Natalis Weya  menyambut baik pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang dilakukan oleh Kodim 1710/Mimika.

“Selaku kepala kampung dan mewakili masyarakat sangat mendukung penuh kegiatan TMMD yang dilakukan oleh Kodim 1710/Mimika. Dengan kehadiran TNI disini kami sangat tertolong karena fasilitas yang dibangun nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Intinya kampung Mandiri Jaya akan maju dan berkembang sama dengan kampung lainnya di kabupaten Mimika. Dengan adanya kegiatan tersebut bisa menjawab keluhan masyarakat walaupun tidak secara keseluruhan,”aku Natalis Wea.

Natalis sangat berharap kepada Pemkab Mimika adanya perencanaan selanjutnya yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah. Ia mengakui dengan adanya kegiatan TMMD merupakan awal masuknya pembangunan, kiranya bisa diteruskan oleh Pemkab Mimika melalui kegiatan fisik berupa peningkatan jalan (hotmix), dan pembangunan rumah sehat layak huni bagi warganya. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *