KPU Mimika Gelar Pleno PAW Anggota DPRD Partai Golkar Alm Robbi Omaleng

Empat Komisioner, Laurensius Minipko, Elizabeth Rahawarin, Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola, dan Fidelis Piligame di Kantor KPU Mimika di Jalan Hasanudin Timika, Papua, Kamis (5/8).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika resmi melaksanakan pleno Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 dari Partai Golongan Karya (Golkar) Almarhum Robbi Kamaniel Omaleng,S.IP,MA pada Kamis (5/8/21) siang.

Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola kepada wartawan usai memimpin Rapat Pleno PAW  internal , mengatakan pergantian antar waktu tersebut berdasarkan surat permohonan DPRD Mimika kepada KPU yang diterima hari Rabu (4/8/21), setelah adanya surat permohonan dari partai Golkar yang menjelaskan tentang berhalangan tetap atau meninggal dunianya saudara Robby Omaleng.

“Memang benar, hari ini kita melakukan pleno PAW, karena memang ada satu dokumen yang selama ini sedikit terhambat yaitu SK Pemberhentian almarhum saudara Robby Omaleng dari partai Golkar,” kata Indra Ebang Ola.

Indra menjelaskan, berdasarkan PKPU, pihak KPU harus melengkapi sejumlah dokumen yang diperlukan sebagai syarat untuk diinput kedalam Sistem Informasi Manajemen Pergantian Antar Waktu (SIMPAW).

“Namun, sebelum diinput, KPU perlu melakukan verifikasi data dan verifikasi faktual untuk memastikan dokumen yang diperlukan,”katanya.

Setelah diinput, nama yang keluar pada sistem adalah Yan Sampe yang merupakan suara terbanyak ketiga di Dapil 2 dibawa Robby Omaleng dan H. Iwan Anwar dengan perolehan suara 1071 suara.

“Kita kembali ke aturan, KPU sifatnya menyiapkan dokumen, verifikasi faktual, dokumen dari pleno hasil berita acara hasil pemilu dari 2019 kemarin semua kita himpun kemudian keluar siapa yang akan menggantikan disitu ada tertera nama saudara Yan S,” terangnya.

Indra menegaskan, pleno PAW berdasarkan aturan dan mekanisme, sehingga jangan ada anggapan masyarakat pleno PAW tersebut bisa diubah oleh KPU Mimika.

“Jadi kita tidak bisa rubah atau rekayasa data,” tegasnya.

Setelah pleno PAW anggota DPRD Mimika, hasilnya akan dikirim ke pimpinan DPRD untuk dilakukan pengusulan kepada Gubernur melalui Bupati Mimika untuk diparipurnakan.

“Jadi hasil pleno ini, kami serahkan ke pimpinan DPRD, nanti pimpinan yang mengajukan pengusulan untuk pengangkatan PAW ke gubernur,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, proses PAW baru bisa dilaksanakan saat ini, karena pihak KPU memaklumi agenda DPRD Mimika yang padat.

“Kita maklumi kegiatan DRPD yang padat dan sebagainya sehingga baru kemarin dokumen itu kita terima dan kita jadwalkan hari ini kita lakukan rapat pleno komisioner untuk membalas surat dari DPRD terkait PAW,” jelasnya. (humas)

Agenda Kegiatan